Sisombou itu Apa?

KETIKA masih kecil, saya sering mendengar dan melihat acara sisombou di kampung saya, di Airtirs (waktu itu sebagai sebuah desa) di Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dalam setiap upacara pesta perkawinan, selalu ada acara sisombou di kampung saya. Waktu itu, sekitar 1970-1980 saya dan teman-teman sebaya selalu mencari kesempatan melihat dan mendengarkan kegiatan yang disebut sisombou itu.

Sisombou? Ya, waktu itu saya sama sekali tidak mengerti, apa itu sisombou. Kata sisombou selalu saya dengar waktu kecil itu, tapi saya tidaklah terlalu mengerti tentang sisombou. Yang saya ingat waktu itu, sisombou itu adalah acara berbalas pantun dalam bahasa daerah saya, Bahasa Ocu, Bahasa Melayu dialek Kampar. Dan yang selalu saya lihat bahwa upacara sisombou itu adalah sebuah rutinitas dalam setiap upacara kenduri atau pesta nikah di kampung saya.

Lama-lama saya tahu juga bahwa upacara sisombou itu adalah acara tradisi (adat) kampung atau daerah saya yang ditampilkan khusus pada acara-acara khusus pula. Upacara khusus itu misalnya pada acara peresmian pernikahan atau kenduri tertentu. Sungguh terdengar enak ketika menyimak pelaksanaan sisombou.
Acara Pesta Nikah yang Menampilkan Sisombou

Seperti sudah saya tulis dalam buku saya Sisombou Sastra Riau yang merupakan hasil penelitian skripsi dengan judul Upacara Sisombou di Desa Airtiris Kecamatan Kampar yang sudah dipertahankan dalam ujian sarjana pada tahun 1983 lalu. Pada buku yang saya terbitkan secara indie melalui penerbit Leutikaprio 2012 dijelaskan tentang tata cara pelakasanaan upacara sisombou.

Untuk lebih memahami pelaksaan upacara sisombou tentu saja diperlukan penjelasan yang lebih detail tentang sistem, para pelaksana (tokoh) sisombou serta tempat berlangsungnya sisombou. Menjadi perlu untuk mengetahui tentang masyarakat adat yang melaksanakan upacara sisombou. Kapan dan pada acara-acara apa saja sisombou dilaksanakan, juga sangat penting untuk diketahui agar pemahaman sisombou lebih tajam.

Insyaallah semua itu akan dijelaskan pada catatan-catatan selanjutnya yang akan terbit (diposting) pada blog ini nanti. Saya berharap, pembaca akan menganggap penting segala penjelasan dan ulasan sisombou nantinya.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manjonguok Kampuong

Upacara Sisombou