Sisombou Mengimbau

SISOMBOU, inilah blog baru yang saya buat pada hari ini, Kamis (22/12/16) siang sepulang sekolah. Sekolah? Ya, walaupun masa libur selepas pembagian rapor semester ganjil, saya dan teman-teman pegawai TU (Tata Usaha) alias tenaga kependidikan tetap harus ke sekolah karena tidak termasuk yang mendapat jatah libur. Warga sekolah yang libur adalah siswa (peserta didik) dan guru (pendidik) yang sudah menikmati libur sekolah sejak hari Senin (19/12) lalu. Kepala Sekolah dan pegawai administrasi sekolah masih tetap sekolah. Itulah sebabnya saya tetap ke sekolah.

Sepulang dari sekolah itulah, tiba-tiba saya ingin mengelola blog lagi selain blog-blog saya yang sudah ada. Mengelola blog lagi? Ya, kaena sebenarnya sudah ada beberapa blog pribadi sebelum ini yang saya kelola, seperti www.mrasyidnur.blogspot.com, misalnya; atau website pribadi di alamat www.koncopelangkin.com dan www.mrasyidnur.wordpress.com serta beberapa blog bersama seperti www.kompasiana.com/mrasyidnur, dll. Kini, saya ingin mencoba membuat blog baru lagi. Inilah blog dengan judul SISOMBOU ini.

Tentang mengapa judul blognya 'sisombou' karena kebetulan sisombou yang adalah berupa sastra lisan masyarakat Kampar, lebih tepatnya Desa Airtiris waktu itu (daerah tumpah darah saya) 60 tahun silam yang sudah sangat lama saya tinggalkan merupakan yang menarik, menurut saya. Dengan sisombou itu pulalah saya menyelesaikan studi S1 saya di Universitas Riau, Pekanbaru pada tahun 1983 lalu.

Ada beberapa catatan penting yang nanti akan saya sampaikan di sini. Catatan-catatan itu saya rasakan penting untuk saya ungkap di halaman blog ini, nanti. Menurut saya juga bahwa hal itu berguna dan terasa penting diketahui dan dipahami siapapun. Itu pula salah satu yang membuat sisombou ini bagi saya terasa mengimbau untuk disapa dan diteruskan kepada khalayak pembaca lainnya. Catatan yang ada dalam skripsi ini serasa memanggil saya lagi untuk dibaca, dipahami lagi dan dibagiinfokan kepada pembaca lainnya.

Semoga peluncuran blog baru yang bertepatan dengan Hari Ibu di tahun 2016 ini akan berguna juga bagi pembaca, nantinya. Selain niat menyampaikan informasi yang berkaitan dengan sisombou, yang juga penting buat saya adalah terus belajar mengelola blog. Selamat bersama di blog baru ini.*** (M. Rasyid Nur)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sisombou itu Apa?

Upacara Sisombou

Jenis dan Pembagian Sisombou

Manjonguok Kampuong